Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi
Aug 4th
Ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi akademik seseorang, yaitu faktor internal/pribadi dan eksternal/lingkungan (Gage & Berliner, 1992; Winkel, 1997). Faktor internal a. Inteligensi Taraf inteligensi seseorang dapat tercermin dalam prestasi sekolahnya di semua mata pelajaran (Winkel, 1997). Jadi, ada korelasi antara inteligensi dengan kesuksesan di sekolah (Gage & Berliner, 1992). Peserta didik dengan taraf inteligensi yang tinggi diharapkan dapat mencapai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan peserta didik yang memiliki taraf inteligensi yang lebih rendah. Namun inteligensi bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan prestasi akademik karena masih ada faktor lainnya seperti motivasi dan kepribadian serta faktor eksternal. (more…)
Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Underachievement
Apr 23rd
Pengertian Underachievement
Menurut Ashman & Elkins (1988), underachivement adalah anak dengan masalah belajar yaitu memiliki jarak yang signifikan antara prestasi dan potensi mereka yang diukur dengan tes intelegensi. Anak yang mengalami underachievement tidak belajar dengan optimal, tidak sesuai dengan yang diharapkan jika dibandingkan dengan kecerdasan, kesehatan dan kesempatan yang dimilikinya. Gejala underachievement dapat terjadi pada siswa yang memiliki intelegensi yang berfungsi pada taraf rata-rata atau taraf yang lebih baik namun menunjukkan hasil yang buruk pada tugas-tugas sekolahnya (Weiner 1982; Rimm, 1986;1997 dalam Dewi, 2005). (more…)
Menurut Ashman & Elkins (1988), underachivement adalah anak dengan masalah belajar yaitu memiliki jarak yang signifikan antara prestasi dan potensi mereka yang diukur dengan tes intelegensi. Anak yang mengalami underachievement tidak belajar dengan optimal, tidak sesuai dengan yang diharapkan jika dibandingkan dengan kecerdasan, kesehatan dan kesempatan yang dimilikinya. Gejala underachievement dapat terjadi pada siswa yang memiliki intelegensi yang berfungsi pada taraf rata-rata atau taraf yang lebih baik namun menunjukkan hasil yang buruk pada tugas-tugas sekolahnya (Weiner 1982; Rimm, 1986;1997 dalam Dewi, 2005). (more…)
Lingkungan Keluarga yang Mempengaruhi Motivasi Belajar
Jul 5th
Lingkungan keluarga merupakan media pertama dan utama yang berpengaruh terhadap perilaku dalam perkembangan anak. Tujuan pendidikan secara universal adalah agar anak menjadi mandiri, bukan hanya dapat mencari nafkahnya sendiri, tapi juga bisa mengarahkan dirinya pada keputusannya sendiri untuk mengembangkan semua kemampuan fisik, mental, sosial dan emosional yang dimilikinya, sehingga dapat mengembangkan suatu kehidupan yang sehat dan produkif. (more…)
Tugas Perkembangan Remaja
Jun 18th
Tugas perkembangan ada dalam setiap tahap kehidupan. Tidak hanya untuk remaja namun dari kanak-kanak hingga dewasa lanjut.Setiap tahap kehidupan memang telah memiliki tugas perkembangannya masing-masing. Tugas perkembangan remaja perlu diketahui para remaja agar dapat dijadikan acuan bagi masa berikutnya yaitu masa dewasa dan perlu diketahui pula oleh para orangtua dan guru agar dapat membimbing putra-putri/murid-muridnya untuk dapat melewati masa-masa “penuh badai” tersebut dengan baik . Adapun tugas perkembangan remaja adalah sebagai berikut:
1) Menerima kondisi fisik dan menggunakan tubuh secara efektif. Artinya seorang remaja bisa belajar menerima diri sendiri, bentuk tubuh, bentuk wajah, dll. Menggunakan tubuh secara efektif berarti juga harus
1) Menerima kondisi fisik dan menggunakan tubuh secara efektif. Artinya seorang remaja bisa belajar menerima diri sendiri, bentuk tubuh, bentuk wajah, dll. Menggunakan tubuh secara efektif berarti juga harus
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO