Kamis, 10 November 2011

PERKEMBANGAN REMAJA MENUJU MANUSIA MODERN

Posted by starawaji pada Mei 16, 2009


Dari hari kehari manusia mengalami perubahan, walaupun tida terlihat secara signifikan tapi itu pasti, manusia akan selalu mengalami perubahan yang selalu terus berganti, bentuk fisik, akal, dan pikiran, sifat, serta tingkah lakunya, perubahan-perubahan itu semua merupakan perkembangan bagi kehidupan manusia. Ada banyak sisi atau faktor yang mempengaruhi perubahan sikap seorang remaja.
  1. Faktor kehidupan dari lingkungan keluarga. Faktor ini sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan kehidupan remaja.
  2. Faktor kehidupan lingkungan tempat ia tinggal. Bagaimana kehidupan masyarakat setempat akan ikut andil dalam menentukan perkembangan sikap seorang remaja.
  3. Faktor kehidupan sekolah
  4. Faktor kehidupan luar sekolah
  5. Faktor lain-lain, berupa kehidupa diluar kebiasaan sehari-hari, misalnya berekreasi, berkunjung kerumah teman, pergi ke mall, dan hal-hal lain yang bisa merubah sikap seorang remaja.
Remaja merupakan saat-saat yang sangat labil dalam menentukan sikap, ia belum bisa untuk menentukan siapa jati dirinya sebenarnya, ia akan selalu mencari dan mencari. Pada saat proses mencari akan banyak sekali perubahan yang terjadi, apabila ia belum merasa cukup untuk atau puas dengan dengan apa yang ia lakukan, maka ia akan terus berusaha untuk mencari jati dirinya sampai ia benar-benar menemukan jati dirinya yang sesungguhnya.
Perubahan zaman menuntut para remaja untuk selalu sigap dalam menentukan langkah kehidupannya, seorang remaja yang modern adalah remaja yang cara pikirnya maju, artinya berpikir dengan tidak hanya untuk hari ini saja, tapi juga untuk hari esok, dan tahu resiko dari setiap tindakan atau perbuatan yang ia lakukan. Bukan remaja yang dilihat dari gaya hidupnya, banyak remaja sekarang mengagungkan life style sebagai primadona dalam hidup mereka, mereka selalu memikirkan kesenangan sesaat, meminum minuman yang mengandung alcohol, mengkonsumsi NARKOBA, dan melakukanpegaulan bebas yang melahirkan sex bebas dikalangan remaja.
Remaja yang mengandalkan gaya hidup hanya akan menghancurkan masa depan mereka, mereka seharusnya sadar betapa pentingnya kehidupan masa depan mereka, mungkin pada saat ini mereka belum punya tanggungan, tapi setelah mereka berkeluarga, mereka akan menyesal dengan apa yang dulu pernah ia lakukan. Makanya para remaja sekarang harus pandai-pandai dalam hal berpikir dan bijak dalam melakukan setiap tindakan. Masa depan kita adalah kita sendiri yang menentukan, orang lain hanyalah bagian pendukung saja, oleh karenanya pikiran kita harus maju, karena pikiran yang maju sangat menentukan jati diri kita, kita harus memikirka nasib kita kedepan, dan harus mempertimbangkan setiap tindakan yag kita lakukan, jangan sampai ceroboh yang menyebabkan kita terjerumus kedalam lembah hitam yang sasngat pekat, remaja yang maju dan remaja yang modern adalah remaja yang selalu berpikir positif dan melakukan setiap tindakan dengan bijak dan hati-hati, tidak tergoda dengan rayuan apapun yang kelak membuatnya celaka, karena manusia mempunya dasar yang kuat dalam hatinya yaitu prinsip hidup atau pegangan hidup yang tertera dalam al qur`an. Wa`allahu a`lam

Like this:


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar