Kamis, 10 November 2011

Perkembangan sosial masa remaja

admin October 25, 2011 0

Kata “remaja” berasal dari bahasa latin yaitu adolescere yang berarti to grow atau to grow maturity (Golinko, 1984 dalam Rice, 1990).Papalia & Olds (2001) berpendapat bahwa masa remaja merupakan masa antara kanak-kanak dan dewasa.
Sedangkan Anna Freud (dalam Hurlock, 1990) berpendapat bahwa pada masa remaja terjadi proses perkembangan meliputi perubahan-perubahan yang berhubungan dengan perkembangan psikoseksual, dan juga terjadi perubahan dalam hubungan dengan orangtua dan cita-cita mereka, dimana pembentukan cita-cita merupakan proses pembentukan orientasi masa depan.
Dalam hal perilaku sosial, remaja mengalami perubahan yang jauh berbeda dengan masa sebelumnya (masa anak) diantaranya:
a. Saat masa anak-anak segalanya diintervensi orang tua, sementara remajaa merasa mampu berdiri sendiri atau mengatasi masalahnya dan tidak mau diintervensi oleh orang tua atau orang dewasa, bahkan remaja tidak mau harga dirinya diremehkan (mencari pengakuan jati diri) dari orang tuanya, orang dewasa, dan teman sebayanya (dalam istilah para ahli : EMANSIPASI
b. Saat usia anak-anak sangat dekat “intim” interaksi sosialnya dengan orang tua, sementara masa remaja memilih lepas dari orang tua dan lebih intim dengan teman sebayanya (peer-group atau Clique=kelompok kecil) perilaku sosial remaja ini disebut MONDING
Monding pada remaja = pelepasan dari orang tua menuju kelompok sebaya (mencari sahabat).
c. Remaja memiliki kecenderungan untuk mengikuti “life-style” (gaya hidup) kelompok sebayanya, bahkan nilai-nilai kelompok menjadi keterikatan sosialnya “istilah para ahli : CONFORMITY (konformitas)
d. Remaja diwaktu luang sering menggunakannya untuk “to kill the time” bersenang-senang bersama kelompok sebayanya. Remaja mudah sekali hanyut dalam rangsangan sosial yang negatif karena tidak selektif memilih teman atau kelompok sebaya. Bila teman atau kelompok sebayanya memiliki life-style yang buruk bahkan melanngar hukum dan ajaran agama Islam (seperti minum-minuman keras, mengkomsumsi zat adiktif, psikotropika, seks bebas) akan menyeretnya kedalam jurang yang gelap, sehingga kesuksesan dan kebahagian “DREAM” (harapan, cita-cita) pada masa mendatang tidak dapat di gapainya.Konsep sukses menjadi remaja, sabda Rasulullah SAW : “Pergunakan / jagalah yang lima sebelum yang lima datang, yaitu hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu luangmu sebelum sibukmu, masa mudamu sebelum hari tuamu, dan saat kaya sebelum miskinmu”.
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar